Minggu, 04 Desember 2016

Mengoprasikan komputer dengan prosedur yang benar

Cara Menyalakan Komputer dengan Benar

1.Pastikan Peralatan Komputer Terpasang dengan Baik
Karena komputer merupakan serangkaian komponen maka pastikan untuk komponen yang menjadi sarana pendukung, atau mesin elektronik dan disini tentunya adalah kabel. Semua telah terpasang dengan benar, colokannya sudah sesuai, terpasang dengan benar sesuai dengan posisi dan kegunaan.
2. Perhatikan Aliran Listrik 
Komputer tidak bisa menyala tanpa tenaga listrik, maka dari itu yang selanjutnya anda lakukan adalah menyambungkan kabel colokan komputer ke sumber listrik ( stop kontak). Pastikan juga sebelumnya bahwa daya yang digunakan dirumah ataupun ditempat anda menempatkan komputer tersebut listriknya memadai, untuk menghindari listrik anjlok, ataupun komputer yang tak mau menyala karena kekuatan listrik yang tidak memadai atau minimnua jumlah daya.
3. Gunakan Alat Bantuan dalam Tegangan Listrik
Jika ini adalah pertama kalinya anda menggunakan komputer ataupun pertama kalinya membeli komputer dan masih tidak terlalu teliti tentang apa saja yang dibutuhkan untuk mengaktifkan komputer anda dengan benar. Maka tidak perlu resah ataupun mempertanyakan keadaan komputer anda jika disertai dengan UPS ataupun yang lebih sering dan lazim digunakan atau untuk user pribadi biasa menggunakan perangkat yang disebut dengan Stabilizer
Ini sangat normal digunakan, bahkan sebagai sebuah langkah pencegahan atau antisipasi agar komputer terhindar dari kerusakan yang bisa disebabkan oleh masalah kelistrikan. Karena fungsi perangkat ini memang untuk menjaga kondisi listrik tetap dalam keadaan stabil dan terjaga aliran naik dan turunya.
4. Menekan Tombol Power 
Setelah itu anda bisa mulai mengaktifkan dengan menekan tombol power yang berada di CPU / Casing.
5. Menunggu Proses Opening Windows
Jangan panik, karena memang butuh proses untuk menyala. Tunggu prosesnya lalu saat indikator menyala anda juga harus bersabar untuk proses booting sehingga dilayar komputer dapat anda lihat dekstop windows, jangan menggerakkan apapun terlebih dulu, hingga komputer siap digunakan.
6. Komputer Siap Digunakan
Akhirnya komputer siap digunakan, pastikan juga bahwa anda sudah memasang mouse untuk dapat menggerakkan kursor yang dapat membawa anda ke program yang anda inginkan.

Cara Mematikan Komputer dengan Benar

Yang juga tak kalah penting selain proses menghidupkan komputer yang tidak boleh asal-asalan begitu juga dengan proses mematikan komputer juga masih memerlukan prosedur yang runtut dan tentu saja ini adalah prosedur yang benar.
  1. Setiap komputer memiliki sebuah sistem windows yang berbeda-beda tapi mematikan prosedurnya hampir seluruhnya sama.
  2. Yakni tekan Start yang tertera dilayar Klik menggunakan Mouse.
  3. Setelah Start anda bisa meng-Klik Turn Off Computer.
  4. Selanjutnya bisa Turn Off atau untuk benar benar mematikan / meng-offkan bisa Klik Shut Down.
Peringatan!
Jangan lupa sebelum mematikan komputer anda sudah menutup semua program yang sedang berjalan. Dan juga tentunya menyimpan atau Save As semua program atau file dan data yang masih diperlukan, sehingga anda bisa menggunakan atau membukanya kembali dilain waktu ataupun setelah itu.
Bahaya Jika Tidak Sesuai Dengan Prosedur Yang Benar
Rusak, segala sesuatu pasti bisa mengalami kerusakan, apalagi komputer yang merupakan alat buatan manusia, dengan pemakaian sehari-hari atau sering digunakan dengan waktu yang kadang berjam-jam lamanya tanpa henti. Untuk itu untuk memastikan bahwa masa ataupun juga usia komputer anda bisa lebih lama untu digunakan maka gunakanlah dengan benar sesuai dengan prosedur.Jika tidak misalnya anda langsung mematikannya begitu saja lama kelamaan program akan rusak, selain itu yang lebih fatal lagi yakni data atau file – file anda bisa hilang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar