Minggu, 04 Desember 2016

Tatanan halaman dan paragraf

●Tatanan Halaman
Sutu dokumen yang dicetak pada printer, maka tatanan halaman harus sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan.
Jika anda ingin membuat tatanan halaman yang berbeda dengan tatanan halaman default gunakan menu File  Page Setup (Alt + F lalu U). Pilihan-pilihan ini dibagi menjadi 3 (Tiga) lembar yaitu :
a.     Margins
Pada bagian ini anda dapat menentukan ;
–    Margin, untuk mengatur batas-batas pengetikan, terdiri dari :
1)    Top, dipakai untuk menentukan margin/batas atas yaitu jarak antara teks dari tepi atas kertas.
2)    Bottom, dipakai untuk menentukan margin/batas bawah yaitu jarak antara teks dari tepi bawah kertas.
3)    Left, , dipakai untuk menentukan margin/batas kiriyaitu jarak antara teks dari tepi kiri kertas.
4)    Right, , dipakai untuk menentukan margin/batas kanan yaitu jarak antara teks dari tepi kanan kertas.
5)    Gutter, untuk menentukan margin yang disediakan untuk penjilidan
6)    Gutter Position, menentukan posisi Gatter
–    Orientation, untuk menentukan arah pencetakan, anda dapat memilih Portait untuk cetak tegak (Vertikal) atau landscape untuk cetak miring (horisontal)
–    Pages, dipakai untuk pengetikan model buku yang terdiri dari : Normalmiror margins2 pages per sheetdan book fold.
–    Preview, dapat anda pilih :
1)    Whole document yaitu diaplikasikan pada seluruh halaman atau
2)    This point forward yaitu diaplikaikan mulai dari halaman sekarang ke depan atau
–    Print Options, digunakan untuk pengaturan pada proses pencetakan, akan lebih lanjut diterangkan pada Bab IV.
–    Default, jika anda ingin tatanan halaman sekarang dipakai sebagai default.
b.    Paper
Pada bagian ini anda dapat menentukan :
–    Paper Size, Untuk memilih ukuran kertas yang dipakai, beberapa ukuran kertas yang baku dan sering dipakai disediakan. Anda dapat pula mendefinisikan sendiri ukuran kertas yang dipakai dengan memilih custom size lalu mengisi kolom width (lebar kertas) dan height (tinggi kertas). Satuan ukuran adalah inchi, tetapi dapat dibuah lewat menu Tools à Option à General àMeasurement units (kemudian pilih centimeter)
–    Paper Source, untuk menentukan sumber kertas yang dipakai. Ini tergantung pada printer yang dipakai, karena tiap printer mempunyai alat untuk mengambil kertas yang mungkin berlainan.
–    Preview, dapat anda pilih :
1)    Whole document yaitu diaplikasikan pada seluruh halaman atau
2)    This point forward yaitu diaplikaikan mulai dari halaman sekarang ke depan atau
c.     Layout
Dipakai  untuk menentukan layout pengetikan, pada tatanan ini anda dapat menentukan : Section Star,Margin Header and footer dan Vertical Aligment.
● Tatanan Paragraf
Paragraf dapat berupa karakter, sebuah kata, sebuah kalimat atau beberapa kalimat bisa menjadi satu paragraf, bahkan sebuah paragraf tidak ada isinya.
Satu buah paragraf akan diakhiri satu buah tanda paragraf [¶], akhir paragraf apabila kita menekan tombolENTER.
Untuk melakukan penataan paragraf anda dapat memberikan perintah Format à Paragraph (Alt+ O lalu P) atau klik tombol kanan mouse lalu pilih paragraph. Selanjutnya anda dapat memilih tatanan yang diinginkan.
Tatanan Paragraf dibagi 2 (dua) Indents and Spacingdan Line and Page Breaks.
a.     Indents and Spacing
Tatanan ini berisikan :
–       General, untuk menentukan perataan paragaf yang bersangkutan, berisikan empat pilihan yaitu left (untuk rata kiri), right (untuk rata kanan), centered (untuk rata tengah) dan Justified (untuk rata kanan dan kiri), pilihan paragraf ini juga dapat anda lakukan dengan menekan Ctrl + L left untuk rata kiri, Ctrl + R untuk rata kanan, Ctrl + E untuk rata tengah dan Ctrl + J untuk rata kanan dan kiri, juga dapat anda lakukan dengan mengklik ikon perataan paragraf pada toolbar formatting seperti pada Gambar 3.4 berikut :
–       Identation, untuk mengukur identitas paragraf, adalah jarak ketikan suatu bagian paragrah terhadap halaman. Anda dapat menentukan ; Left (margin kiri), Right (margin kanan) Spacing (menentukan bagian khusus dari paragraf). Pilihan Identitas inii juga dapat dilakukan dengan meng drag ikon indent keposisi yang anda inginkan (Gambar 3.5.)
–    Spacing, menentukan jarak spasi antar paragraf dan jarak spasi antar baris. Anda dapat menentukan : Before(jarak spasi antara paagraf dengan paragraf atasnya), After (jarak spasi antar paragraf dengan paragraf dibawahnya), line spasing (jarak spasi antar baris) berisikan : single (spasi 1), double (spasi 2), 1.5 line(spasi 1 ½ ), At least, exactly dan multiple.
–    Tab, untuk menentukan kursor akan berhenti jika ditekan tombol Tab, juga dapat anda lakukan dengan mengklik pada ikon tabulasi sesuai dengan posisi yang anda inginkan.
b.    Line and Page Breaks
● Bullet dan Nomor Paragraf
Untuk mengaktifkan Bullet dan Nomor Paragraf dengan meng-klik ikon bullets [] atau numbering [] sebelum mengetik naskah. Jika anda ingin mengatur tatanan bullet atau nomor paragraf, pilihlah menu format bullets and nambering, setelah itu anda dapat memilih model bullets yang disediakan.
a.     Memodifikasi tatanan bullets
Untuk memodifikasi tatanan bullets atau nomor paragraf, klik customize pada tatanan bullets atau nomor paragraf.
b.    Paragraf bernomor majemuk (multi level)
Paragraf bernomor majemuk dapat anda buat dengan menu Bullets and Numbering lalu pilih Numbed atauOutline Numbered untuk multi level. Anda juga dapat memodifikasi nomor majemuk dengan memilih klikcustomize

Tidak ada komentar:

Posting Komentar